Sunday, December 24, 2006

Membaca dan Menulis Seasyik Bermain (II)

8. Siapkan Tempat Spesifik Untuk Buku-bukunya
Jika tidakada ruang khusus untuk membuat taman bacaan, tetap usahakan agar anak-anak memiliki "sudut" perpustakaan sendiri. Tulisan-tulisan penyemangat dan aneka gambar bisa mendukung anak-anak untuk senang membaca dan menulis.

9. Perkenalkan Anak-anak Pada Perpustakaan
Untuk menyiasati harga buku yang masih mahal, ajak anak-anak untuk mengunjungi perpustakaan atau taman bacaan.

10. Rutinitas Menyenangkan Jalan-jalan ke Toko Buku
Warisan orang tua yang sangat berharga untuk diturunkan ke anak adalah ilmu. Ilmu diantaranya diperoleh dari buku, maka jadikan jalan-jalan ke toko buku atau mengunjungi book fair sebagai sesuatu yang mengasyikkan, melebihi jalan-jalan ke mall.

III. Tunjukkan Arti Penting Buku
11. Gali Hobi dan Minat Anak
Untuk menunjukkan betapa pentingnya sebuah buku, tidak perlu mengatakan "Buku itu penting banget lho!". Namun, ajaklah mereka untuk merasakannya langsung dalam pengalaman sehari-hari. Berawal dari kesadaran anak-anak akan arti penting buku yang menunjang minat dan hobi, kesukaan mereka pada buku lainnya akan berkembang. Jadi, yang pertama dan utama adalah menumbuhkan minat dahulu.

12. Kado Istimewa: Buku dan Teman-temannya
Biasakan memeberikan kado berbentuk buku dan alat penunjang yang berkaitan erat dengan proses membaca dan menulis kepada anak-anak.

13. Buku: Oleh-oleh Bepergian
Mengapa harus menjadikan buku sebagai alternatif oleh-oleh bepergian? Jawabannya mudah! Siapa pun yang sedang menunggu seseorang pulang ke rumah, pasti akan senang jika dibelikan oleh-oleh, apapun itu bentuk oleh-olehnya.

14. Ajari Anak-anak Menabung Untuk Membeli Buku
Mengajari anak menabung untuk membeli buku, memberikan makna betapa pentingnya nilai sebuah buku.

15. Buku Sebagai Bekal Diperjalanan
Jadikan buku sebagai bekal perjalanan. Apa sebabnya? Banyak waktu luang yang terlewatkan begitu saja selama perjalanan. Jadi manfaatkan waktu luang itu untuk membaca.

IV. Anak Sebenarnya Hanya Perlu Contoh
16. Mulai Dari Diri Sendiri
Orang tua adalah figur pertama dan figur utama dari seorang anak. Jika kita ingin anak-anak suka membaca, pastikan kita telah memulainya. Jika tidak, nasihat-nasihat kita akan "lewat" begitu saja.
"Anak adalam manusia anti teori, mereka akan meniru apa saja yang dilihatnya"

17. Mulai Dari Rumah, Mulai Dari Sekarang
Lingkungan yang pertama kali dikenal anak-anak adalah rumah. Oleh karena itu, berikanlah yang terbaik, dimulai dari rumah, tidak ada kata terlambat, mulai dari detik ini, mulai dari diri sendiri, mulai dari rumah, dan mulai dari sekarang!

18. Tunjukkan Minat Pada Buku Secara Atraktif
Sebagian dari orang tua lebih sering menunjukkan minat terhadap aksesori daripada buku. Indikasinya, orang tua lebih sering mengajak anak-anak pergi ke mall daripada ke toko buku. Kalau saja minat yang menggebu-gebu itu diarahkan pada buku, maka anak-anak akan merasakan aura tersebut, sehingga menganggap buku sebagai sesuatu yang istimewa.

19. Baca Buku Didepan Anak
Tunjukkan keteladanan membaca, kalau perlu secara atraktif dan semua itu merupakan salah satu proses pendidikan. Pendidikan dengan contoh akan jauh lebih efektif dibanding instruksi lisan tanpa bukti.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home