Monday, December 18, 2006

Ayat - Ayat Cinta


Ayat – Ayat Cinta adalah sebuah novel pembangun jiwa karya Habiburrahman El Shirazy. Sebenarnya novel ini dah lama klo dilihat dari KDTnya, buku yang saya pegang ini sudah cetakan ke-17, cetakan pertama tahun 2004 betapa tidak gaulnya diriku, untuk menyelesaikan membaca novel ini dari halaman pertama sampai akhir cukup dengan 7 jam mulai jam 8 malam sampai jam 3 pagi karena untuk memutus dan melanjutkan esok hari sangat-sangat berat hati karena kandungan isinya yang sangat bagus, tidak cukup sekali itu saja daku membacanya tapi sampai 3 kali. Dengan membaca AAC ini kita seperti berada di Mesir karena di dalamnya digambarkan dengan jelas seluk beluk Mesir secara detail. Selain itu banyak hikmah yang dapat kita ambil dari novel ini.

Hikmah yang dapat diambil diantaranya bagaimana cara toleransi hidup beragama yang digambarkan dari hubungan Fahri dan kawan-kawan dengan keluarga Tuan Boutros, yang kedua betapa Fahri sangat menjaga amanat, amanat tentang keberadaannya di Mesir untuk belajar, berusaha menjaga amanat dengan jadwal-jadwal yang telah dia buat walaupun untuk memenuhinya dia harus melawan cuaca yang sangat panas dan dengan jarak yang jauh.

Selain itu masih banyak hikmah yang dapat kita ambil dari tokoh-tokoh lainya seperti Aisha seorang wanita berdarah Jerman,Turki dan Palestina yang memiliki akhlaf tak kalah mulianya dengan Fahri, Maria seorang panganut kristen koptik yang telah hafal dengan baik surat Maryam, Nurul seorang mahasiswi Al-Azhar dari Indonesia yang juga mempunyai hati dan akhlaq mulia tidak kalah dengan Aisha dan Maria. Bagi yang belum pernah membacanya cepetan deh dapatkan novelnya dan ambil hikmah yang dapat dipetik tidak ada kata terlambat daripada tidak sama sekali dan jangan sungkan menyiapkan sapu tangan atau tisue disamping Anda karena akan dibuat gerimis mata Anda.




1 Comments:

Blogger E M said...

Novelnya asyik...menyampaikan moral-moral Islam namun tanpa menggurui.

7:27 PM  

Post a Comment

<< Home